VAKSINASI COVID-19 DOOR TO DOOR BAGI PENYANDANG DISABILITAS DAN ODGJ

PILANGSARI – Warga di sepanjang jalan Dk. Kauman sampai dengan Dk. Jetis mendadak keluar rumah saat melihat iring-iringan mobil dinas Camat Ngrampal, Polsek Ngrampal dan ambulance keliling Puskesmas Ngrampal.

Mobil itu pertama berhenti di rumah Hartono (27) warga Dk. Bagan RT.21. Awalnya tuan rumah heran didatangi oleh rombongan tim yang berisi Camat Ngrampal, Kepala Puskesmas Ngrampal Babhinkamtibmas, Babinsa , Bidan Desa Pilangsari dan petugas dari Kecamatan, Polsek, Koramil, Puskesmas maupun Pemerintah Desa Pilangsari. Setelah menyampaikan maksud dan tujuan bahwa tim akan menyuntikkan vaksin covid-19 bagi penyandang disabilitas dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) dengan mendatangi ke rumah-rumah atau door to door. Tujuan dari program tersebut agar pelaksanaan vaksinasi covid-19 menyasar ke semua kalangan sekaligus sosialisasi bahwa vaksin covid-19 yang tersedia memang aman disuntikkan. Setelah diberi pemahaman tersebut, Hartono menyetujui untuk divaksin. Sebelum pemberian suntik vaksin, dilakukan screening oleh Kepala Puskesmas Ngrampal dan lolos untuk disuntik. Untuk memastikan bahwa vaksin memang aman untuk diberikan kepada masyarakat, Camat Ngrampal menanyakan pendapat Hartono setelah disuntik

“Tidak sakit ternyata, pak. Saya akan mengajak teman-teman saya untuk mendaftar vaksin”

Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan ke beberapa penyandang disabilitas maupun ODGJ lainnya, tidak semua menerima kedatangan rombongan, penolakan dari pihak keluarga maupun penyandang dengan berbagai alasan juga ditemui walaupun sudah diberi pemahaman oleh tim. Namun, ke depannya, setelah dilakukan vaksin door to door ke penyandang disabilitas dan ODGJ, seluruh lapisan masyarakat semakin sadar bahwa pentingnya vaksin covid-19 sebagai bentuk usaha untuk tetap sehat menghadapi pandemi panjang seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.